23 Oct 2018 00:00:00 AM Breaking News
Pemerintah Umumkan 1 Ramadhan 1439 H Jatuh pada Hari Kamis, 17 Mei 2018Skandal 'Hoes Hoin' Berisi 267 Foto Telanjang Tentara Wanita Amerika SerikatTank Tenggelam di Sungai Bogowonto, Berikut KronologinyaSuzy dan Lee Dong Wook Pacaran, Perbedaan Umur Yang Jauh Bukan MasalahKecelakaan Karambol Kendaraan di Solo, Menewaskan 4 OrangSitus Tumblr Di Blokir Kemkominfo, Kok Bisa?Simak Kronologi Penyerangan Geng Motor di KemangBJ Habibie Sakit, Namun Masih Mampu Berkomunikasi Dengan BaikJangan Khawatir! Pengendara yang Merokok dan Mendengarkan Musik Tidak DitilangJennifer Dunn Bawa HP ke Dalam Tahanan, Alasannya Tak Masuk Akal!Kerjasama Dengan FBI, Bareskrim Berhasil Tangkap Kapal Pesiar Mewah di BaliHeru Winarko Resmi Dilantik Sebagai Ketua BNN5 Momen Keseruan di Festival Danau SunterUntuk Pertama Kali, Saudi Selenggarakan Festival JazzKonser Paramore Resmi Dibatalkan Di IndonesiaKisah Tragis Adelina, TKW yang Disiksa Dan Dipaksa Tidur Dengan AnjingTerungkap! Identitas Pelaku Penyerangan Gereja Lidwina di SlemanBus Pariwisata Terguling di Subang, 13 Orang MeninggalSandy Syafiek, Produser RTV yang Tewas Tertabrak Mobil Saat BersepedaGempa Taiwan 6,4 M : Empat Tewas, 85 Orang HilangEra Anies Baswedan Dianggap Tidak Ada Pencegahan Banjir, Mengapa?Bangunan Ilegal Menjadi Penyebab Utama Longsor PuncakBanjir Kiriman Akan Tiba di Jakarta Pukul 15.00 dan 20.00Kylie Jenner Umumkan Kelahiran Anak PertamanyaAturan Baru Taksi Online Berlaku Hari IniPeriksa Kejiwaan, Berikut Alasan Neneng Simpan Mayat Suami dan Anaknya di RumahEmpat Tuntutan dari Demo Taksi OnlineViral! Perawat Pria Tega Melakukan Pelecehan Seksual terhadap Pasien WanitaDemi Layanan Fantasi, Istri Tega Jual SuamiGempa 6,4 M Berpusat di Banten Mengguncang Jakarta, 129 Rumah RusakBom Meledak di Thailand, 3 Korban TewasJaksa Tampilkan Rekaman Wawancara Johannes Marliem dengan Anggota FBIJeon Tae Soo, Aktor drama Korea Meninggal Karena DepresiBeton LRT Roboh di Kayu Putih

Aturan Baru Taksi Online Berlaku Hari Ini

Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 108 tahun 2017 Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum TIdak Dalam Trayek sudah resmi berlaku hai ini, Kamis 1 Februari 2018.

Aturan tersebut mengatur Angkutan Sewa Khusus (ASK) khususnya taksi online. Aturan baru terkait taksi online membutuhkan waktu transisi selama tiga bulan.
“Tanggal 1, (Permenhub 108) tetap diberlakukan tapi operasinya operasi simpatik. Lama waktunya sementara satu bulan,” ungkap Budi Karya Sumadi, selaku Menteri Perhubungan pada Rabu (31/1/2018).

Melalui Kementerian Perhubungan, Pemerintah menegaskan agar para supir taksi online data melengkapi persyaratan yang masih belum dilengkapi.

Adapun persyaratannya yaitu harus memiliki SIM A Umum, uji melengkapi dokumen perjalanan seperti STNK, uji KIR, bergabung dengan badan hukum yang mempunyai izin penyenggaraan, dan kendaraan yang harus dilengkapi dengan stiker sebagai tanda khusus.

Karena adanya permintaan supir taksi online, maka Kementerian Perhubungan masih memberikan kelonggaran bagi mereka yang belum bisa memenuhi syarat dan perlengkapan. Waktu yang diberikan selama satu bulan yang mulai berlaku hari ini.

Selama sebulan kedepan nanti Kementerian Perhubungan juga akan menggelar operasi simpatik. Tindakan ini bertujuan memberi peringatan atau teguran bagi para supir taksi online agar segera memenuhi syarat dan perlengkapan.

Perihal masih diberikan toleransi selama satu bulan kedepan, maka operasi simpatik tidak akan ada penilangan. Namun setelah satu bulan selesai, Kementerian Perhubungan akan melakukan evaluasi.

Diharapkan supir taksi online dapat mematuhi dan memahami pentingnya mengikuti Permenhub 108. Karena aturan tersebut juga untuk kepentingan bersama.

“Ini kan kepentingan kita, pemerintah hadi di tengah masyarakat untuk semua kepentingan baik pengemudinya, penumpangnya, taksi konvensional baik juga perusahaan kendaraannya,” kata Budi Setyadi sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat.