16 Aug 2018 00:00:00 AM Breaking News
Pemerintah Umumkan 1 Ramadhan 1439 H Jatuh pada Hari Kamis, 17 Mei 2018Skandal 'Hoes Hoin' Berisi 267 Foto Telanjang Tentara Wanita Amerika SerikatTank Tenggelam di Sungai Bogowonto, Berikut KronologinyaSuzy dan Lee Dong Wook Pacaran, Perbedaan Umur Yang Jauh Bukan MasalahKecelakaan Karambol Kendaraan di Solo, Menewaskan 4 OrangSitus Tumblr Di Blokir Kemkominfo, Kok Bisa?Simak Kronologi Penyerangan Geng Motor di KemangBJ Habibie Sakit, Namun Masih Mampu Berkomunikasi Dengan BaikJangan Khawatir! Pengendara yang Merokok dan Mendengarkan Musik Tidak DitilangJennifer Dunn Bawa HP ke Dalam Tahanan, Alasannya Tak Masuk Akal!Kerjasama Dengan FBI, Bareskrim Berhasil Tangkap Kapal Pesiar Mewah di BaliHeru Winarko Resmi Dilantik Sebagai Ketua BNN5 Momen Keseruan di Festival Danau SunterUntuk Pertama Kali, Saudi Selenggarakan Festival JazzKonser Paramore Resmi Dibatalkan Di IndonesiaKisah Tragis Adelina, TKW yang Disiksa Dan Dipaksa Tidur Dengan AnjingTerungkap! Identitas Pelaku Penyerangan Gereja Lidwina di SlemanBus Pariwisata Terguling di Subang, 13 Orang MeninggalSandy Syafiek, Produser RTV yang Tewas Tertabrak Mobil Saat BersepedaGempa Taiwan 6,4 M : Empat Tewas, 85 Orang HilangEra Anies Baswedan Dianggap Tidak Ada Pencegahan Banjir, Mengapa?Bangunan Ilegal Menjadi Penyebab Utama Longsor PuncakBanjir Kiriman Akan Tiba di Jakarta Pukul 15.00 dan 20.00Kylie Jenner Umumkan Kelahiran Anak PertamanyaAturan Baru Taksi Online Berlaku Hari IniPeriksa Kejiwaan, Berikut Alasan Neneng Simpan Mayat Suami dan Anaknya di RumahEmpat Tuntutan dari Demo Taksi OnlineViral! Perawat Pria Tega Melakukan Pelecehan Seksual terhadap Pasien WanitaDemi Layanan Fantasi, Istri Tega Jual SuamiGempa 6,4 M Berpusat di Banten Mengguncang Jakarta, 129 Rumah RusakBom Meledak di Thailand, 3 Korban TewasJaksa Tampilkan Rekaman Wawancara Johannes Marliem dengan Anggota FBIJeon Tae Soo, Aktor drama Korea Meninggal Karena DepresiBeton LRT Roboh di Kayu Putih

Pemerintah Umumkan 1 Ramadhan 1439 H Jatuh pada Hari Kamis, 17 Mei 2018

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018. Hal tersebut disampaikan berdasarkan keputusan sidang isbat yang dilakukan malam ini.

Sidang isbat dilakukan di kantor Kemenag yang dimulai sekitar pukul 18.15 WIB. Sidang dihadiri oleh beberapa tokoh penting seperti Ketua Komisi VII DPR Ali Taher, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), imam besar Istiqal Nasaruddin Umar, PP Muhamadiyah, ormas Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, dan lainnya.

Adapun metode yang digunakan oleh pemerintah untuk menentukan awal puasa yaitu rukyat dengan melihat posisi hilal. Rukyat bisa diamati dengan teleskop maupun mata telanjang pada saat waktu magrib atau setelah matahari terbenam.

“Dari pelaku rukhyatul hilal yang tersebar di 95 titik seluruh tanah air, maka sampai dengan isbat tadi berlangsung kita menerima 32 pelaku rukhyatul hilal kita menerima laporan kesaksian mereka. Dari 32 yang melaporkan, tidak satu pun yang berhasil melihat hilal. Maka dengan dua hal tadi, perhitungan hisab dan hasil rukhyatul hilal yang tidak melihat hilal, sebagaimana ketentuan selama ini yang kita pegangi, sebagaimana fatwa MUI, maka bulan Syakban saat ini kita sempurnakan menjadi 30 hari. Malam hari ini adalah tanggal 30 Syakban, dengan demikian maka 1 Ramadhan jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018,” ungkap Lukman Saifuddin selaku Menteri Agama, Selasa (15/5/2018).